Prinsip-prinsip Desain
Keselarasan atau Harmoni
adalah Keselarasan prinsip desain yang menimbulkan kesan adanya kesatuan melalui pemilihan dan susunan objek atau ide . Keselarasan dalam desain merupakan pembentukan unsur-unsur keseimbangan, keteraturan, kesatuan, dan perpaduan yang masing-masing saling mengisi dan menimbang. Keselarasan (harmoni) bertindak sebagai faktor pengaman untuk mencapai keserasian seluruh rancangan penyajian.
adalah Keselarasan prinsip desain yang menimbulkan kesan adanya kesatuan melalui pemilihan dan susunan objek atau ide . Keselarasan dalam desain merupakan pembentukan unsur-unsur keseimbangan, keteraturan, kesatuan, dan perpaduan yang masing-masing saling mengisi dan menimbang. Keselarasan (harmoni) bertindak sebagai faktor pengaman untuk mencapai keserasian seluruh rancangan penyajian.
Kesebandingan (Proporsi)
adalah hubungan perbandingan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain yang dipadukan. Untuk mendapatkan suatu susunan yang menarik perlu diketahui bagaimana cara menciptakan hubungan jarak yang tepat secara proporsional.Kesebandingan dapat dijangkau dengan menunjukkan hubungan antara:
Suatu elemen dengan elemen yang lain, Elemen bidang/ ruang dengan dimensi bidang/ruangnya, Dimensi bidang/ruang itu sendiri.
Keseimbangan (Balance)
adalah hubungan yang menyenangkan antar bagian-bagian dalam suatu desain sehingga menghasilkan susunanyang menarik. Disain komunikasi visual sebagai media komunikasi yang bertujuan untuk mentransfer informasi secara jelas sekaligus estetis memerlukan keadaan keseimbangan pada unsur-unsur yang ada di dalamnya.
Keseimbangan ada 2 yaitu :
1. Keseimbangan simetris adalah suatu bagian yang sama antara bagian kiri dan kanan serta mempunyai daya tarik yang sama.
1. Keseimbangan simetris adalah suatu bagian yang sama antara bagian kiri dan kanan serta mempunyai daya tarik yang sama.
2. Keseimbangan asimetris adalah keseimbangan yang diciptakan dengan cara menyusun beberapa objek yang tidak serupa tapi mempunyai jumlah perhatian yang sama.
Irama (Ritme)
Adalah suatu Irama atau ritme dapat kita rasakan.Irama dalam desain dapat dirasakan melalui mata. Ritme terjadi karena adanya pengulangan pada bidang/ruang yang menyebabkan kita dapat merasakan adanya perakan, getaran, atau perpindahan dari unsur satu ke unsur lain. Akan tetapi tidak semua pergerakan akan menimbulkan irama.Irama dapat diciptakan melalui : Pengulangan bentuk secara teratur, Perubahan atau peralihan ukuran, Melalui pancaran atau radiasi.
TANTANGAN DALAM MEMBUAT DESAIN
Tantang yang ada pada desain sangat di butuhkan untuk membantu pekerjaan kita khususnya mereka yang berhubungan langsung dengan gambar – gambar seperti para desainer, arsitektur, atau kita yang di perusahaan periklanan atau percetakan tentunya tidak bisa lepas dari aplikasi tersebut. Bagi besar para desainer tentunya mudah untuk mengaplikasikan langsung apa yang ada dalam imajinasi mereka untuk dituankan dalam bentuk gambar. Asalkan kita sebagai user mau untuk terus belajar, maka kesulitan yang kita hadapi bisa teratasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar