Minggu, 06 Maret 2011

INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER


Refrensi :
Dari www.google .com dan wikipedia
1.INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER ( IMK )
Interaksi manusia dan komputer adalah suatu kedisiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.
Sebab Interaksi Manusia dan Komputer mempelajari antara suatu manusia dan suatu mesin didalam sebuah komunikasi, yang mendukung pengetahuan dari kedua-duanya antara sisi mesin dan sisi manusia. Pada sisi mesin, teknik dalam komputer grafik, sistem operasi, bahasa programan, dan lingkungan pengembangannya. Sedangkan pada sisi manusia antara lain, teori komunikasi, disain industri dan grafis, linguistik, ilmu-ilmu sosial, psikologi, dan tujuan manusia relevan. Dan tentu saja perancangan sistem dan metoda lain yang sesuai.
2.Siapa saja yang terlibat dalam IMK  
·        Ilmu Psikologi dan cognitive Pengetahuan mengenai persepsi pengguna, Cognitive dan ketrampilan penyelesaian masalah Ergonomi Kemampuan fisik pengguna Sosiologi Konteks dari interaksi Ilmu dan rekayasa/teknik computer.
·        Mampu untuk membangun teknologi yang diperlukan Bisnis.
·        Mampu untuk memasarkannya Desain Grafik Presentasi antarmuka yang efektif  Penulisan ilmiah Menghasilkan (buku) manual .

3.Konsep dasar IMK
·        Komputerrpertamaakali kenalkan secara komersial pada tahun  50 - an,dan pada awal’a mesin ini sangat sulit digunakan.
·        Computer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar,hanya dipakai dikalangan tertentu.
·        Sistem rancangan’a dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai , sistem harus mempunyai kecocokkan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakaian.
4. prinsip usability
      prinsip ( bakat , kemampuaan, ketangkasan ) yang dapat di pergunakan dalam pembelajaran,perusahaan dan dalam diri manusia sendiri. contohnya dalam teknologi yaitu jika seorang user atau pemakai komputer dia menggunakan perangkat lunak user tersebut dengan tidak sadar telah mempelajari kemampuan suatu kinerja perangkat tersebut bahwa dalam perangkat lunak tersebut terdapat
sistem yang bekerja dengan fungsi tertetu.

5. Kemampuan Manusia yang baik VS yang buruk
Pada umumnya kemampuan manusia didasari oleh kemampuan yang baik maupun kemampuan yang buruk . yakni pada kemampuan manusia yang baik diantaranya kemampuan yang tidak sombong untuk menunjukkannya kepada orang lain.sedangkan kemampuan yang buruk pada sifat manusia yaitu menyombongkan sesuatu hal yang sangat ia banggakan pada dirinya ya tentu sangat di benci oleh orang lain…maka jadi lah manusia yang sangat di senangi oleh manusia lainnya.

6.Proses user Centered Design (UCD)
      Sesuatu yang merupakan paradigma baru  pengembangan sistem berbasis web.  Dan perancangan berbasis pengguna User Centered design yaitu istilah yang biasa digunakan untuk untuk menggambarkan filosofi perancangan.
Prinsip yang harus diperhatikan dalam UCD adalah:
·        Fokus pada pengguna
·        Perancangan terintergrasi
·        Dari awal berlanjut pada penggujian pengguna
·        Perancangan interaktif.
Tujuan UCD adalah untuk menghasilkan produk yang memiliki tingkat usability tinggi.

7.Kapasitas manusia pada Interaksi manusia pada komputer
·        Pengindaraan
·         Sistem Motor
·        Memory (STM,LTM)
·        Proses Kognitif
PengertianPenginderaan
adalah Manusia mengenal dunia luar atau stimulus melalui alat indera. Kepastian alat indera (reseptor) yang cukup baik serta syaraf (sensoris) yang baik sebagai penerus kepada pusat otak (kesadaran) untuk menghasilkan respon Pengalaman dan lingkungan budaya. Pengalaman dan budaya mempengaruhi kapasitas alat indera yang mempengaruhi sensasi.

Pengertian Sistem Motor
adalah Kapasitas manusia berhubungan dengan system motor adalah sebagai pengolah informasi yang di terima oleh alat indera, yang menangkap sinyal dan mentransmisikannya keprocessing unit di otak dengan tempat penyimpanan. Hasil dari proses berupa output respon.

Pengertian Memory (STM,LTM)
adalah Sebagian besar akitifitas manusia bergantung pada memori. Selain menyimpan
pengetahuan faktual, memori manusia juga menyimpan pengetahuan prosedural. Pengetahuan
tersebut memungkinkan kita melakukan aktifitas secara berulang, menggunakan bahasa,
menggunakan informasi yang kita terima dari indera, serta memberikan identitas pada
manusia dengan menyimpan informasi mengenai pengalaman masa lalu.

Pengertian Proses Kognitif
adalah seseorang memproses suatu informasi, ada tiga unsur utama dalam sistem memori yang terlibat, yaitu memori penginderaan (sensory memory), memori bekerja (working memory) dan memori jangka panjang (long term memory). Secara umum, memori
penginderaan dan memori bekerja mempunyai keterbatasan dalam menyimpan (menahan)
informasi, baik jumlah maupun durasinya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar