Jumat, 29 April 2011

TIPE - TIPE INTERFACE DAN TIPE INTERAKSI


TIPE - TIPE INTERFACE DAN TIPE INTERAKSI

Interface adalah suatu komunikasi yang fitur yang tersedia supaya user dapat mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.Terlebih dari itu dalam dunia desain situs Web yang serba grafis.

Tipe interface pada sistem operasi :
1.Command Line Interface (CLI)
2.Graphical User Interface (GUI)

Media Penyimpanan pada system Operasi, yaitu :
A. HARDDISK
Pengertiannya adalah suatu ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.

 B.RAM
Pengertiannya adalah perangkat yang berfungsi mengolah data atau intruksi. Semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun intruksi yang dapat mengolahnya.

Tipe  interaksi pada interaction:

  1. Direct adalah suatu pengoperasian secara langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash.
  2.  Menu selection adalah suatu yang memilih perintah dari daftar yang disediakan.
  3. Command language adalah suatu penulisan perintah yang sudah ditentukan pada program.
  4. Natural language – perintah dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil.

Kamis, 28 April 2011

EVALUASI


EVALUASI
Evaluasi Heuristik
Evaluasi heuristic adalah sebuah panduan, prinsip umum, atau aturan yg dapat menuntun keputusan rancangan atau digunakan untuk mengkritik keputusan yg sudah di ambil.
Metode heuristik diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Borland Delphi dengan pengaplikasian pada 2 kasus yang berbeda, sedangkan untuk metode MIP diiplementasikan dalam software Lingo. Data-data yang
digunakan berasal dari data yang dibangkitkan dengan menggunakan software
excel. Selain itu rentang variasi rata-rata persentase selisih makespan untuk kasus pertama adalah sebesar 0,312 - 2,076. Sedangkan untuk kasus kedua sebesar 0 - 2,293. Untuk kasus pertama metode MIP memiliki waktu running lebih cepat jika dibandingkan metode heuristik (100 persen), jika dibandingkan dengan metode heuristik.
                                                                  
Discount Usability testing
Definisi Suatu metoda [dari;ttg] biaya rendah usabilas rancang-bangun yang diusulkan oleh Jakob Nielsen yang menyatakan usabilas itu yang dilakukan sering dengan lebih sedikit peserta, dan skenario penggunaan mendasarkan hasil pengamatan menghasilkan itu hampir [sebagai/ketika] kebaikan, dan dengan ROI lebih baik manakala bandingkan dengan costlier usabilas tradisional [yang] menguji.

Coqnitive Walkh Trough
Coqnitive walkh trough adalah suatu usabilitas pemeriksaan metoda yang digunakan untuk mengidentifikasi usabilitas mengeluarkan disuatu potongan perangkat lunak atau jaringan lokasi, memusatkan pada beberapa mudah untuk para pemakaian yang baru untuk memenuhi tugas dengan sistem itu. Sedangkan teori walkthrough task-specific, evaluasi heuristik mengambil suatu pandangan holistic untuk tidak menangkap permasalahan yang ditangkap oleh ini dan usabilas pemeriksaan metoda lain.

Pemodelan User
Permodelan user adalah sebagai pengguna dari semua bahan yang ada pada evaluasi, yang di antaranya yaitu pada Evaluasi Heuristik, Discount Usability testing,dan lain – lain.

Model Koqnitive (GOMS, CCT, Context based)

Model Kognitif adalah sebuah model yang di rancang  dari cara kerja user,untuk mengetahui bagaimana user akan berinteraksi dengan interface.

  • GOMS  adalah suatu yang menganalisa urutan langkah perkirakan durasi tiap langkah dan akhirnya total waktu keseluruhan langkah.  Analisa digunakan untuk menentukan jalur critical, waktu yang digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas).GOMS bukan untuk tugas-tugas dimana langkahlangkahnya kurang dipahami bukan untuk user awam/ tidak berpengalaman.
  • Cognitive Complexity Theory (CCT) adalah alat perekayasaan dengan pengukuran kemudahan dipelajari dan tingkat kesulitan secara  garis besar digabung dengan dekripsi detail dari perilaku user.CCT memiliki dua deskripsi paralel, satu adalah tujuan user dan yang lainnya adalah sistem komputer atau disebut device pada CCT. Deskripsi tujuan user berdasarkan hirarki tujuan yang mirip dengan GOMS, tetapi diekspresikan menggunakan production rules.


Interprative Evaluation

Interpretive adalah suatu studi dan sistematik tentang budaya Manusia yang dapat Penelitian kontekstual, Studi lapangan dan Studi observasi.
Obyektifitas yang dapat Memahami sebuah user dan juga dapat memahami tujuan dan nilai yang berkesinambungan pada sebuah interaksi individu dan group dalam suatu
Budaya yang berguna untuk memperbaiki sistem bila ada  masalah pada cara yang
digunakan pada saat itu dengan menggunakan sebuah teknik misalnya :  Observasi personal, Audio yaitu video recording.


SUMBER INFORMASI DAN PENGGUNAAN INFORMASI DAN DATA I/O DAN MEMPRESENTASIKAN DATA


SUMBER INFORMASI DAN PENGGUNAAN INFORMASI DAN DATA I/O DAN MEMPRESENTASIKAN DATA
      Sumber informasi adalah Data yang merupakan bentuknya masih mentah dan perlu diolah lebih lanjut. Dan Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai, tetapi dapat diolah melalui suatu model untuk dihasilkan oleh sebuah informasi. Kelompok dalam Informasi : Informasi Strategis, Informasi Taktis, Informasi Teknik  Informasi yang Berkualitas : Akurat, Tepat Waktu, Relevan
Fungsi Informasi Suatu Organisasi                                    
    Fungsi informasi berguana sebagai suatu organisasi yang memberikan kejelasan mengenai sesuatu hal yang sudah, sedang dan yang akan dihadapi oleh organisasi.

JENIS-JENIS ANALISA TUGAS


JENIS-JENIS ANALISA TUGAS

    Pengertian Analisis Tugas yakni sebagai proses mengkaji sebuah manusia melaksanakan tugas, peralatan yang mereka gunakan, dan hal-hal yang mereka perlu ketahui. Memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface dan bagaimana mereka akan menggunakannya.

   Proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia melaksanakan tugas / pekerjaannya, apa saja yang dilakukan hal-hal apa saja yang perlu diketahui. Memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface .

Contoh Pengelompokkan tugas
     Pada Fixed sequence ,Optional tasks ,Waiting events ,Cycles ,Time-sharing ,Discreationary
Cara melakukan analisis tugas
- INPUT           : sebagai aktifitas pemberian data
- OUTPUT     : sebagai keluaran, hasil dari suatu proses, baik berupa data maupun
contoh :
Pada penggunaan outputnya menggunakan analisis tugas yaitu sebagai berikut:
Perancangan Detail Interface, Pendefinisian Kebutuhan dan Perancangan Sistem.